Irigasi Lingkar Kampus

Kampus IPB Darmaga terletak di Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat, lebih tepatnya di Kecamatan Darmaga Desa Babakan. Wilayah dengan luas kurang lebih 250 ha ini merupakan 75% total luas seluruh Desa Babakan diapit oleh Sungai Ciapus  di bagian Timur Laut dan Sungai Cihideung pada bagian Barat Daya, dua sungai ini akan bermuara ke Sungai Cisadane. Berdasarkan topografi kampus Darmaga masuk ke dalam Daerah Aliran Sungai Cisadanae. Selain dimanfaatkan oleh IPB dua sungai besar ini juga dimanfaatkan oleh desa-desa yang ada di lingkar kampus. Desa Babakan, Desa Cihideung Ilir, Desa Cibanteng, Desa Benteng dan Desa Cikarawang merupakan desa-desa lingkar kampus yang berbatasan langsung dengan wilayah IPB Darmaga.

Pemanfaatan air sungai sebagai sumber air irigasi desa lingkar kampus dilakukan dengan membendung sungai Cihideung di  dua titik lokasi. Bendung di Desa Cihideung Udik mengalirkan air untuk irigasi mulai dari Desa Cihideung Udik, Cihideung Ilir, Desa Cibanteng hingga Desa Benteng. Bendung Lewilengsir, masuk dalam wilayah Desa Cihideung Ilir, mengalirkan air irigasi meliputi sebagian wilayah Desa Cihideung Ilir kemudian ke Desa Cibanteng dan berakhir di Desa Benteng. Khusus Desa Cikarawang dan Desa Situgede, pemanfaatan air irigasi dengan membendung Sungai Cisindangbarang yang akhirnya bermuara ke Sungai Ciapus. Selain memanfaatkan air sungai dua desa ini juga memanfaatkan Situ Gede dan juga Situ Burung untuk irigasinya.

Pengelolaan sarana fisik irigasi desa lingkar kampus sebagian besar dibawah kordinasi Dinas Bina Marga dan Pengairan Pemerintah Kabupaten Bogor. Selain melakukan pemeliharaan dan perbaikan fisik bangunan, dinas juga melakukan program peningkatan sumberdaya manusia dengan mengirimkan petani dari setiap desa untuk pelatihan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air). Kegiatan P3A terdapat di masing-masing desa lingkar kampus dengan di ketuai oleh seorang mantri air (ulu-ulu) yang di tunjuk oleh Kepala Desa. Gabungan beberapa P3A desa lingkar kampus menjadi GP3A berpusat di Desa Cihideung Udik yang merupakan gabungan dari 4 desa yaitu Desa Cihideung Ilir, Cihideung Udik, Cibanteng dan Benteng. Keempat desa ini bersatu karena secara geografis menggunakan sumber air yang sama untuk irigasi.

IPB Bhakti Sosial Lingkar Kampus

Desa-desa lingkar kampus merupakan bagian yang terdekat dengan IPB yang dapat dijadikan etalase penerapan ilmu-ilmu yang selama ini dipelajari di kampus. Khususnya untuk penerapan ilmu pengelolaan irigasi, Dep. SIL dibawah kordinasi LPPM-IPB telah menyelenggarakan pelatihan Pengelolaan Irigasi dengan peserta mencakup dari 6 desa yaitu desa Cihideung Ilir, Cihideung Udik, Cibanteng, Benteng, Situgede dan juga Desa Petir. Pelatihan dengan menghadirkan instruktur dari Dosen IPB sendiri dan juga dari Dirjen Pengelolaan Lahan dan Air DEPTAN dan juga Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kab Bogor. Hasil pelatihan diharapkan petani dapat lebih mengelola air irigasi dan bisa melakukan kordinasi dengan instansi terkait dalam penyempurnaan fasilitas irigasi.

Selain menyelenggarakan pelatihan, juga diserahkan bantuan berupa sekat ukur debit air yang diharapkan dapat digunakan oleh petani untuk mengelola penggunaan air irigasi agar lebih baik lagi. Pemasangan sekat ukur dilakukan oleh desa dengan dibantu para petani pemakai air.